Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan

Penulis

  • Edi Supriyono Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Rafli Omarli Effendi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59330/jai.v1i2.10

Abstrak

Latar Belakang: Memaksimalkan laba adalah tujuan utama dari berdirinya suatu perusahaan. Nilai perusahaan tidak akan pernah meningkat jika perusahaan tidak memberikan perhatian lebih terhadap kondisi internal maupun eksternal perusahaan. Untuk memberi perhatian lebih terhadap lingkungan internal maupun eksternal perusahaan adalah dengan memaksimalkan penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan menerapkannya kepentingan internal dan eksternal perusahaan akan seimbang dan nilai perusahaan akan meningkat.

Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh GCG dan CSR terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, independensi dewan komisaris dan ukuran dewan komisaris dijadikan proksi dari GCG.   

Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sebanyak 62 perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2019 digunakan sebagai sampel penelitian yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini yakni data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur yang bersumber dari website Indonesian Stock Exchange (IDX)

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menjelaskan bahwa GCG dan CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variable GCG lainnya yakni kepemilikan manajerial dan independensi dewan komisaris tidak berpegaruh terhadap nilai perusahaan.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini memperluas gambaran pengaruh GCG dan CSR terhadap nilai perusahaan di sektor manufaktur

Referensi

Abukosim, M., Ferina, I.S., & Nurcahaya, C. (2021). Ownership Structure And Firm Values: Empirical Study On Indonesia Manufacturing Listed Companies. Researchers World - International Refereed Sosial Sciences Journal, 5(4), 1–14. https://www.researchersworld.com/index.php/rworld/article/view/821

Adnantara, K. F. (2014). Pengaruh struktur kepemilikan saham dan Corporate Social Responsibility pada nilai perusahaan. Buletin studi ekonomi, 44232.

DANG, H. N., PHAM, C. D., NGUYEN, T. X., & NGUYEN, H. T. T. (2020). Effect of Corporate Governance and Earning Quality on Listed Vietnamese Firm Value. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(4), 71-80. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL 7. NO 4. 71.

Deegan, C. (2006). Legitimacy theory. In Methodological issues in accounting research: theories, methods and issues (pp. 161-181). Spiramus Press Ltd.

Downes, J., & Goodman, J. E. (2014). Dictionary of finance and investment terms. Simon and Schuster.

Embang, E., L. (2016). Pengaruh CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Parsimonia-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(3), 54-67.

Fiadicha, F., & Hanny, Y. R. (2016). Pengaruh good corporate governance, Corporate Social Responsibility dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting Journal), 1(1), 22-45. https://doi.org/10.52447/jam.v1i1.737

Franita, R. (2018). Mekanisme good corporate governance dan nilai perusahaan: studi untuk perusahaan telekomunikasi. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Marini, Y., & Marina, N. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 1(1), 7-20. https://doi.org/10.30601/humaniora.v1i1.37

Muhammad, J. (2018). Pengaruh good corporate governance dan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012–2016). Skripsi. Univesitas Islam Indonesia.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of financial economics, 3(4), 305-360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X

Perdana, R. S., & Rahardja, R. (2014). Analisis pengaruh corporate governance terhadap nilai perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 766-778. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/6219

Poluan, S. J., & Wicaksono, A. A. (2019). Pengaruh pengungkapan good corporate governance terhadap nilai perusahaan pada badan usaha milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Perioda 2013-2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(2), 228-237. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i2.1238

Rosiana, G. A. M. E., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3), 723-738.

Siallagan, H., & Machfoedz, M. U. (2006). Mekanisme corporate governance, kualitas laba dan nilai perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi, 9(61), 23-26.

Suhartati, T., Warsini, S., & Sixpria, N. (2011). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Praktik Tata Kelola Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ, 10(2), 95-105, 13444. 10.32722/eb.v10i2.456

Sussanto, H., & Carningsih, C. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Hubungan Antara Kinerja Keuangan Dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). UG Journal, 7(7).

Warapsari, A. A. A. U., & Suaryana, I. G. N. A. (2016). Pengaruh kepemilikan manajerial dan institusional terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan utang sebagai variabel intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2288-2315.

Wardoyo & Veronica, T. M. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4 (2), 132-149.

Wibowo, E. (2010). Implementasi good corporate governance di Indonesia. Jurnal ekonomi dan Kewirausahaan, 10(2), 129-138.

Widyasari, N. A,. Suhadak. & Husaini, A. (2015). Pengaruh good corporate governance dan pegungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26 (1). http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1021

Unduhan

Diterbitkan

06-04-2023

Cara Mengutip

Supriyono, E., & Effendi, R. O. . (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Inovatif, 1(2), 55–62. https://doi.org/10.59330/jai.v1i2.10

Terbitan

Bagian

Artikel