Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis

  • Anggrita Putri Kartikaningtyas Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Ahim Abdurahim Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59330/jai.v2i1.16

Kata Kunci:

Standar Akuntansi Pemerintah, Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, Teknologi Informasi

Abstrak

Latar Belakang: Munculnya revisi Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Kas menjadi Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual merupakan dasar hukum dari standar yang digunakan oleh pemerintah dalam menyusun laporan keuangan yang disusun oleh Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) (Simanjuntak, 2005).

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sumber daya manusia, komitmen organisasi, dan teknologi informasi terhadap penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual.      

Metode Penelitian: 100 orang pegawai yang terdiri dari kepala bagian keuangan dan staff keuangan OPD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Data diambil dalam bentuk kuesioner yang mengacu pada skala Likert dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) sebagai alat uji analisis data menggunakan software Smart PLS versi 3.0.

Hasil Penelitian: Sumber daya manusia, komitmen organisasi dan teknologi informasi berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan SAP berbasis akrual di pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini berkontribusi secara teoritis terhadap pengembangan ilmu pengetahuan terkhusus pada peran sumber daya manusia, komitmen organisasi, dan teknologi informasi dalam penerapan SAP berbasis akrual.

Referensi

Chin, W. (1998). The partial least squares approach for structural equation modeling. Modern methods for business research, 295–336.

Erawati, T., & Kurniawan, D. (2018). Penerapan sistem akuntansi berbasis akrual: kajian dari aspek keperilakuan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 313-332. https://doi.org/10.24914/jeb.v21i2.1795

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2013). Partial least squares structural equation modeling: Rigorous applications, better results and higher acceptance. Long range planning, 46(1-2), 1-12. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.001

Halim, A. (2017). Manajemen Keuangan Sektor Publik. Saleba Empat.

Indrawati, L. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual pada Satuan Kerja Politeknik Negeri Bandung. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v10i1.1005

Insani, I. (2010). Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai pedoman pelaksanaan administrasi perkantoran dalam rangka peningkatan pelayanan dan kinerja organisasi pemerintah. Penyempurnaan Makalah pada Workshop Manajemen Perkantoran di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Bandung.

Irfani, M., Pituringsih, E., & Husnan, L. H. (2020). Determinan keberhasilan penerapan sistem akuntansi instansi berbasis akrual dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah. e-Jurnal Akuntansi 30 (6), 1522-1538. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i06.p14

Nasution, D. A. D., Erlina, D., & Sari, T. A. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi SAP Berbasis Akrual dengan Komitmen SKPD sebagai Variabel Moderating pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ekonom, 19(4), 175-185.

Pratiwi, A. I., Rahayu, S., & Zutilisna, D. (2017). Teknologi informasi, sumber daya manusia, komitmen dan komunikasi terhadap kesiapan implementasi standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer (JRAK) 9(1), 7-11. https://doi.org/10.23969/jrak.v9i1.363

Puspitarini, I., Firmansyah, A., & Handayani, D. (2017). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan teknologi informasi terhadap penerapan akuntansi berbasis akrual pada pengelolaan barang milik negara. Journal Of Applied Managerial Accounting, 1(2), 141-149. https://doi.org/10.30871/jama.v1i2.501

Putri, D. U., & Silviana. (2017, Juli 20). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi dan Fungsi Komunikasi Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Di Kota Bandung. Proceedings Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 561-579.

Sa'diyah, D. I., & Yuhertiana, I. (2021). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, Dan Insentif Terhadap Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual (Studi Pada Perangkat Daerah Kota Surabaya). Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 14(1), 126-141. https://doi.org/10.51903/kompak.v14i1.375

Safitri, D. (2017). Faktor faktor yang mempengaruhi penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual (Studi pada skpd pemerintah kabupaten Bengkalis). Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan), 5(2), 174-189.

Saprudin, S. (2017). Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Studi Kasus Pada Badan Keuangan Provinsi Gorontalo). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 59-69. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v5i2.12756

Setiyawati, H., Iskandar, D., & Basar, Y. S. (2018). The quality of financial reporting through increasing the competence of internal accountants and accrual basis. International Journal of Economics, Business and Management Studies, 5(1), 31-39. https://doi.org/10.20448/802.51.31.39

Simanjuntak, B. H. (2005). Menyongsong era baru akuntansi pemerintahan di Indonesia. Jurnal Akuntansi Pemerintah, 1-15.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Subhi, G. N., & Yuhertiana, I. (2021). Peran SDM dan teknologi informasi pada penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Equity, 24(2), 141-156. https://doi.org/10.34209/equ.v24i2.2468

Sukadana, I. C., & Mimba, N. P. S. H. (2015). Pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kesiapan penerapan SAP berbasis akrual pada satuan kerja di wilayah kerja KPPN Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 12(1), 35-49.

Supra, D. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Dan Kualitas Teknologi Informasi Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal ACSY: Jurnal Accounting Politeknik Sekayu, 5(2), 9-23.

Talitha, V., & Aswar, K. (2021). Implementation of Accrual-Based Government Accounting Standards in Indonesia: A Review of Organizational Factors. Journal of Economics and Behavioral Studies, 13(5(J), 22-31. https://doi.org/10.22610/jebs.v13i5(J).3214

Wibowo. (2007). Perilaku Dalam Organisasi. Rajawali Pers

Zalni, A. P., Monoarfa, R., & Panigoro, N. (2022). Pengaruh sumber daya manusia, teknologi informasi dan komitmen organisasi terhadap tingkat penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual (studi kasus pada organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota Gorontalo). Economics and Digital Business Review, 3(2), 182-195. https://doi.org/10.37531/ecotal.v3i2.196

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2023

Cara Mengutip

Kartikaningtyas, A. P., & Abdurahim, A. (2023). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi Inovatif, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.59330/jai.v2i1.16

Terbitan

Bagian

Artikel